Kasiter Kasrem 152/Baabullah Kolonel Arm Yusuf Maulana, hadir pada Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah tingkat Nasional  2024.  Acara tersebut yang dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI dan yang di wakili oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI Prof. Muhammad Ali Ramdhani, beserta unsur Pimpinan provinsi Maluku Utara Pj Gubermur Malut Drs. Syamsudin A Kadir, Kapolda Malut di Wakili Dir Binmas Malut Kombes Pol Moch Irvan S.I.K, Kabinda Malut di Wakili Kabagops Binda Malut  Kolonel Mar Hernawan Hadiwijaya, Danlanal Ternate  Kolonel Laut P Supriadi, Kakanwil Kemenag Malut Drs. H. Amar Manaf M.Si, Kejati Malut yang di wakili Hadi Mahendra, Para Kepala Daerah Bupati dan Walikota Ternate, Para Sultan Ternate, Tidore, Bacan, Para Pimpinan OPD Kota Ternate, Staf Ahli Walikota Ternate Bidang Ekonomi dan Pembangunan Syarif H. Sabatun, Para Kepala Madrasah Se Kota Ternate, Tokoh Agama, Para Peserta KSM seindonesia dan tamu undangan yang hadir ± 1.000 Orang yang bertempat dibertempat di Lapangan Ngara Lamo, Kel. Salero, Kec. Kota Ternate Utara, Provinsi Malut. (03 September 2024)


Dalam sambutannya Menteri Agama RI yang di bacakan Sekretaris Jenderal Kemenag RI Prof. Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang sangat tinggi, kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam dan Direktur KSKK Madrasah beserta seluruh jajarannya terutama Subdit Kesiswaan Madrasah yang secara konsisten terus memberikan peningkatan akses melalui ruang kompetisi yang strategis bagi siswa madrasah seluruh Indonesia dalam skala nasional, yang salah satunya melalui Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024 ini.


Pj Gubermur Malut, Drs. Syamsudin A Kadir,  menyampaikan saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah mengapresiasi dan Terimakasih bahwa Maluku Utara dipercaya menjadi Tuan Rumah bagi event kompetisi tingkat nasional ini. Selamat Datang kami ucapkan kepada Bapak Menteri Agama Republik Indonesia dan seluruh peserta Kompetisi Sains Madrasah dari seluruh daerah di Indonesia, Selamat Datang di Kota Rempah Ternate, tanah Jazirah Al Mulk Maluku Kie Raha. Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu penyelenggaraan KSM Tingkat Nasional dan Grand Final MYRES tahun ini, wabil khusus apresiasi kami kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, Walikota Ternate, dan pihak- pihak lain yang tidak bisa saya sebutkan satu- persatu. Juga ucapan terima kasih kepada seluruh guru pembimbing dan Kepala Madrasah yang tak pernah kenal letih memberikan support yang tiada henti kepada siswa-siswa madrasah dalam mengukir prestasi dan inovasi di segala bidang ilmu pengetahuan. (Pen 152)