Danrem 152/Baabullah menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja Kierara (OMPK) 2024-2025 Polda Maluku Utara dalam rangka Pilkada serentak di Provinsi Maluku Utara Tahun 2024 bertempat di Meeting Room Royal Resto Ternate. Selasa (23/07/2024)


Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Sinergitas pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024 guna mewujudkan situasi kamtibmas yang sejuk damai dan kondusif di Provinsi Maluku Utara tersebut dihadiri oleh Pj. Gubernur Maluku Utara Drs. Syamsudin A Kadir, M.Si., Kapolda Malut Irjen Pol Midi Siswoko S.Ik. Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K.M.AP, Kabinda Malut Brigjen TNI Benny Bintoro, Asintel Kajati Sundoro Adi, Danlanal Ternate, Danlanud Leo Wattimena Morotai, Ketua KPU Malut Mochtar Alting, Wakapolda dan PJU Polda Malut, Para Bupati/Walikota dan Forkopimda Kab/Kota se-Maluku Utara.


Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pemaparan materi oleh Pj. Gubernur Maluku Utara, Kapolda Malut, Danrem 152/Baabullah, Kabinda Malut dan Karoops Polda Malut sesuai bidang dan tupoksi masing-masing dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada di Provinsi Maluku Utara Tahun 2024.



Dalam paparannya Danrem menyampaikan peranan TNI khususnya Kodam XV/Pattimura   melalui Korem 152/Baabullah dalam pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Maluku Utara merujuk Undang Undang TNI No. 4 Tahun 2004 dan Kep. Panglima TNI No. 1068/XII/2024 tentang perbantuan TNI khususnya dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).


TNI membantu pemerintah Daerah dan perbantuan kekuatan kepada Polri dalam penyelenggaraan Pilkada serentak dengan mekanisme yang telah diatur.


Korem sendiri menerjunkan 2.582 Persone yang tersebar di Maluku Utara, yang selalu bersiaga sesuai koordinasi dengan Polri. Saat pelaksanaan pemungutan suara penempatan personel TNI diluar TPS, mengantisipasi adanya upaya menggagalkan pelaksanaan Pemungutan suara.



Penekanan Panglima TNI tentang Netralitas sudah sangat jelas, bahwa TNI sebagai alat pertahanan Negara tidak melakukan politik praktis, termasuk pengerahan kekuatan, alutsista dan fasilitas TNI. Kita tegak lurus berkomitmen menciptakan situasi Pemilukada yang aman dan lancar baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Maluku Utara. (PEN 152)